Apa Itu Pensiun Dini PNS? Berikut Syarat, Penyebabnya dan Manfaatnya

Pensiun Dini PNS- Mungkin saja kamu saat ini sudah mulai terpikir untuk melakukan pensiun dini PNS? Jika memang benar, maka ada cukup banyak hal yang

nurnih

Pensiun Dini PNS- Mungkin saja kamu saat ini sudah mulai terpikir untuk melakukan pensiun dini PNS? Jika memang benar, maka ada cukup banyak hal yang perlu untuk kamu siapkan terlebih dahulu. Yakni mulai dari cara mengatur keuangan, sampai cara mempersiapkan dokumen yang diperlukan untuk bisa mengajukan pensiun dini.

Sebelum kamu mengajukan untuk melakukan pensiun dini, kamu juga harus mengetahui apa saja syarat syarat mengajukan pensiun dini agar pengajuanmu diterima.

Apa Itu Pensiun?

Berdasarkan dengan UU No. 11 Tahun 1969 yang berisi mengenai Pensiun Pegawai, pensiun merupakan jaminan hari tua yang akan diberikan sebagai penghargaan karena jasa-jasa PNS selama bekerja dalam Dinas Pemerintah. Meskipun demikian, tidak semua pegawai PNS akan mendapatkan hak menerima pensiun setelah selesai berdinas.

Ada beberapa macam ketentuan ketentuan dan juga peraturan yang memang berlaku untuk bisa mendapatkan hak pensiun. Pemberian hak pensiun ini hanya akan bisa diberikan kepada PNS yang sudah mengakhiri tugasnya dengan predikat hormat. Sementara jika seorang PNS diberhentikan dengan cara tidak hormat maka tidak berhak untuk mendapatkan dana pensiun.

Syarat Pensiun Dini PNS 

Hal ini dikutip dari situs Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), berikut ini merupakan syarat pensiun dini yang perlu untuk dipersiapkan untuk bisa mengajukan pensiun dini bagi pegawai negeri sipil (PNS).

  1. Surat permohonan pensiun yang ditujukan ke Bupati Up.Ka BKPSDM
  2. Berusia minimal 45 tahun dengan masa kerja minimal 20 tahun (sesuai PP)
  3. Surat Persetujuan Kadis tempat bertugas
  4. Fotokopi Kartu Pegawai yang sah
  5. Fotokopi SK Pengangkatan CPNS yang sah
  6. Fotokopi SK Pengangkatan PNS yang sah
  7. Fotokopi SK Pangkat Terakhir yang sah
  8. Fotokopi Jabatan Struktural yang sah
  9. Fotokopi SK gaji berkala terakhir yang sah
  10. Fotokopi SKP. tahun terakhir
  11. Asli surat pernyataan yang ditandatangani kadis tempat bekerja bahwa tidak menjalani proses pidana/pernah dipidana penjara Berdasarkan Keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap
  12. Asli surat pernyataan pengembalian atau tidak membawa aset dinas
  13. Fotokopi surat nikah/akta nikah yang sah dan dilegalisir Disdukcapil
  14. Fotokopi sah kartu istri (bagi suami yang pensiun), atau kartu suami (bagi istri yang pensiun
  15. Fotokopi KK yang sah dan dilegalisir oleh Disdukcapil
  16. Fotokopi akta kelahiran anak yang masih menjadi tanggungan, dan surat keterangan kuliah jika masih berkuliah.
  17. Fotokopi konversi NIP baru yang sah
  18. Fotokopi KTP
  19. Fotokopi NPWP
  20. Fotokopi rekening buku tabungan BRI/BPD
  21. Pas foto ahli waris terbaru ukuran 3×4 sebanyak lima lembar dan 4×6 sebanyak empat lembar yang ditulis namanya di bagian belakang
  22. Fotokopi SK CPNS s.d SK pangkat terakhir 1 rangkap untuk riwayat pekerjaan, berkas dibuat sebanyak dua rangkap, dan disusun sesuai dengan urutan di atas.

Manfaat Pensiun Dini

Pensiun dini ini juga bermanfaat tetapi kamu harus menanggung segala konsekuensinya. Misalnya saja, kamu harus menyediakan asuransi kesehatan kamu sendiri, tabungan yang akan semakin menipis, serta akan mengalami kebosanan bahkan mungkin kamu akan merindukan beraktivitas di kantor atau tempat kerja.

Namun di sisi lain, pensiun dini ini memiliki banyak sekali manfaat, contohnya seperti:

  • Baik bagi kesehatan

Manfaat ini merupakan salah satu paling terasa dari pensiun dini. Mengapa? karena kamu akan lebih jarang tidur larut, banyak waktu untuk melakukan olahraga, dan akan bebas dari stres akibat dari tekanan pekerjaan.

  • Banyak waktu untuk traveling

Manfaat pensiun dini yang selanjutnya yaitu kamu mempunyai banyak waktu untuk bepergian. Tidak perlu untuk repot repot lagi mengambil cuti untuk bisa melakukan traveling, Kamu bisa melakukannya kapan saja.

  • Membuka usaha

Setelah kamu melakukan pensiun dini kamu bisa mewujudkan cita-cita membuka usaha atau untuk memulai bisnis sendiri yang mungkin sudah lama kamu rencanakan.

Penyebab PNS Pensiun Dini

Hal ini dihimpun dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2019 yang isinya tentang Aparatur Sipil Negara Pasal 87 Bab Pemberhentian, ada lima kondisi tertentu yang dapat memungkinkan PNS bisa melakukan pensiun dini, berikut ini merupakan uraiannya:
  • Meninggal dunia
  • Berhenti atas permintaan sendiri
  • Mencapai batas usia pensiun (BUP)
  • Adanya kebijakan pemerintah atau perampingan organisasi yang berdampak pada pensiun dini
  • Tidak nisa untuk menjalankan tugas dengan baik karena tidak cakap baik secara jasmani ataupun rohani.

Usia Resmi Pensiun PNS

Batas usia resmi untuk bisa pensiun PNS ini dibedakan menjadi tiga tingkatan usia, yaitu 58 tahun, 60 tahun, dan 65 tahun. Namun ada beberapa macam ketentuan khusus mengenai pembagian usia ini berdasarkan Surat Kepala BKN Nomor: K.26-30/V.119-2/99 berisi mengenai Batas Usia Bagi PNS yang Memegang Jabatan Fungsional, berikut ini merupakan rinciannya:
  • Usia 58 tahun: Berlaku pensiun bagi pejabat administrasi, pejabat fungsional ahli muda, pejabat fungsional ahli pertama, dan pejabat fungsional keterampilan.
  • Usia 60 tahun: Berlaku untuk pejabat pimpinan tinggi dan pejabat fungsional madya.
  • Usia 65 tahun: Untuk PNS yang memangku pejabat fungsional ahli utama.
Jika PNS yang sudah berusia di atas 60 tahun dan mempunyai jabatan fungsional (JF) ahli madya sebelum aturan ini diberlakukan, batas usia pensiunnya maksimal 65 tahun.
Namun, bila PNS ini sudah berusia di atas 58 tahun dan sedang menduduki JF ahli pertama, JF ahli muda, dan JF penyelia sebelum aturan ini masih berlaku, batas usia pensiunnya yakni maksimal 60 tahun.
Berdasarkan dengan informasi di atas mengenai Pensiun Dini PNS, walau memang belum mencapai usia pensiun resmi, jika seorang pegawai PNS sudah bekerja minimal 20 tahun dan juga sudah berusia yakni minimal 45 tahun, ia bisa untuk mengajukan pensiun dini atas permintaan sendiri.

Tags

Related Post

Leave a Comment