Apa itu pppk paruh waktu dan Apa saja Kerjanya? Simak Langsung Dalam Artikel Berikut

Apa itu pppk paruh waktu – Pemerintah memutuskan sudah memutuskan bahwa akan mengganti skema tenaga honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Penuh Waktu

nurnih

Apa itu pppk paruh waktu – Pemerintah memutuskan sudah memutuskan bahwa akan mengganti skema tenaga honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Penuh Waktu dan juga Paruh Waktu. Opsi ini sendiri telad muncul dalam sebuah Rancangan Undang-Undang (RUU) yang berisi mengenai Perubahan Atas UU Nomor 5 Tahun 2014 mengenai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas, mengungkapkan bahwa tidak perlu untuk dilakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar-besaran untuk pegawai tenaga honorer setelah UU ASN baru ini disahkan. Anas juga menambahkan, yang selanjutnya Pemerintah akan menata ulang mengenai honorer yang telah ada.

Oleh karena itulah, pemerintah daerah (Pemda) tidak perlu lagi untuk diperbolehkan mempekerjakan tenaga honorer baru. Namun, di dalam aturan tersebut tidak dibahas di dalam UU ASN 2023 yang baru saja disahkan dan akan dibuat dengan secara terpisah dengan melalui PP Menpan RB.

Masa Kerja PPPK Paruh Waktu

Masa kerja PPPK paruh waktu ini sendiri akan ditentukan sesuai dengan perjanjian kerja yang sudah mereka buat dengan masing masing instansi pemerintah tempatnya mereka bekerja.

Mereka sendiri yang akan bekerja sesuai dengan waktu yang sydah disepakati pada awal dan memungkinkan untuk mengambil pekerjaan lain di luar statusnya sebagai seorang PPPK paruh waktu. Ini dapat memberikan fleksibilitas kepada mereka untuk bisa menjalani aktivitas yang lain sambil tetap menjadi bagian dari pegawai ASN.

PPPK Paruh Waktu Dapat Dana Pensiun

Salah satu bagaian aspek penting yakni PPPK paruh waktu akan mempunyai sebuah akses ke dana pensiun, serupa dengan PNS dan juga dengan PPPK penuh waktu.

Pemerintah berupaya agar mereka yang bekerja sebagai PPPK paruh waktu juga dapat memiliki jaminan pensiun yang akan memberikan perlindungan masa depan bagi mereka yang sudah bekerja.

Status PPPK Paruh Waktu

PPPK paruh waktu ini merupakan sebuah bentuk ASN yang memang diciptakan untuk bisa menghindari PHK dan juga bida memberikan perlindungan hukum kepada tenaga honorer. Status mereka sendiri sebagai PPPK memberikan jaminan masa kerja yang juh lebih stabil dari pada status dari tenaga honorer.

Besaran Gaji PPPK Paruh Waktu

Besaran dari gaji untuk PPPK paruh waktu ini memang masih belum dibahas secara detail oleh DPR dan pemerintah. Namun, dapat diperkirakan untuk gaji ini akan lebih rendah dari pada gaji tenaga honorer penuh waktu karena adanya sebuah penyesuaian terkait waktu kerja, tugas, bidang, dan juga terkait wewenang yang diemban oleh pegawai tersebut.

Gaji mereka sendiri akan disesuaikan dengan masing masing tugas dan waktu kerja yang memang mereka lakukan.

Jenis Pekerjaan

Jenis pekerjaan honorer ini yang nantinya akan diangkat menjadi pegawai PPPK paruh waktu masih dalam tahap pembahasan. Contohnya daja yaitu seorang petugas kebersihan atau cleaning service.

Konsep dari paruh waktu ini memang memungkinkan bagi mereka yang tidak harus berada di lokasi kerja sepanjang hari, sehingga bisa untuk menjalani aktivitas lain.

Ciri-ciri PPPK paruh waktu:

  • PPPK paruh waktu ini akan dikontrak per tahun
  • Kontrak ini akan diperpanjang setiap tahun.
  • PPPK patuh waktu seperti satpam, petugas kebersihan, dan juga sopir

Ciri-ciri PPPK penuh waktu:

  • Perjanjian dari kerja paling pendek yakni 5 tahun.
  • Jika performa atau kinerjanya bagus saat 5 tahun dan akan tetap dipertahankan sampai batas usia pensiun (BUP) 58 tahun untuk non guru dan untuk 60 tahun untuk guru, maka PPPK penuh waktu, maka yang bersangkutan bisa untuk mendapatkan hak pensiun nya.
  • Bagi PPPK yang memppunyai kinerja bagus akan diberikan kesempatan untuk mengikuti assessment menduduki jabatan struktural eselon 3, 2, dan 1.

Dengan adanya PPPK paruh waktu ini sangat diharapkan menjadi solusi bagi para tenaga honorer agar tidak kehilangan pekerjaannya dan juga pendapatan, sambil memberikan sebuah perlindungan hukum dan juga jaminan masa depan.

Hal ini juga sangat diharapkan tidak akan menambah sebuah beban anggaran belanja agi pegawai pemerintah. Apakah kamu sudah  paham Apa itu pppk paruh waktu? Semoga penjelasan ini dapat membantu kamu semua.

Tags

Related Post

Leave a Comment