Apa Itu Seleksi Kompetensi Tambahan PPPK Kemenag? Begini Cara Pilih Lokasi Dan jadwalnya

Seleksi Kompetensi Tambahan PPPK Kemenag – Para peserta seleksi calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang mendaftar di dalam lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) yang

nurnih

Seleksi Kompetensi Tambahan PPPK Kemenag – Para peserta seleksi calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang mendaftar di dalam lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) yang selanjutnya akan mengikuti tes seleksi kompetensi teknis tambahan (SKTT) dan hal ini diwajibkan untuk memilih lokasi.

Dilansir dari sebuah informasi resmi, pemilihan untuk lokasi pelaksanaannya sendiri tes seleksi kompetensi teknis tambahan peserta PPPK Kemenag 2023 ini yakni akan dilaksanakan pada 29 November sampai dengan tanggal 3 Desember mendatang.

“Untuk para peserta yang sudah mengikuti tes seleksi kompetensi CPPPK dengan melalui sistem computer assisted test (CAT) langsung oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), yang selanjutnya wajib untuk mengikuti tes seleksi kompetensi teknis tambahan (SKTT),” ujar Sekjen Kemenag Nizar Ali di dalam sebuah surat keterangan tertulis.

Nah lalu, bagaimanakah caranya untuk memilih titik lokasi ujian seleksi kompetensi teknis tambahan ini yang ada di lingkungan Kemenag?

Seleksi Kompetensi Tambahan PPPK Kemenag

Untuk tes seleksi Kompetensi Tambahan PPPK Kemenag iini sendiri merupakan sebuah tahapan yang terakhir di dalam seleksi kompetensi yang akan dilalui oleh peserta PPPK. Peserta yang sudah mengikuti tes Seleksi Kompetensi CPPPK dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara, wajib untuk mengikuti tes SKTT.

Para peserta PPPK Kemenag yang sebelumnya tidak hadir di dalam tes seleksi kompetensi tidak bisa untuk mengikuti tes SKTT ini. Seleksi ini sendiri mempunyai tujuan yakni untuk nisa mendapatkan calon pegawai yang mempunyai sebua kualifikasi, kompetensi, dan juga mempunyai kinerja sesuai dengan kebutuhan instansi.

Dengan demikianlah bisa kita simpulkan bahwa untuk tes seleksi kompetensi tambahan PPPK Kemenag ini meruapakan sebuah tes kompetensi tambahan yang memang diperuntukan untuk para peserta seleksi PPPK di bidang Kemenag.

lalu ada jugaa materi SKTT PPPK yang akan berkaitan dengan Moderasi Beragama. Di dalam tes yang satuu ini terdapat  beberapa aspek yang nantinya akan diujikan, yakni aspek yang berupa komitmen kebangsaan, toleransi, sikap anti-kekerasan, dan juga aspek penerimaan terhadap tradisi. Seleksi untuk Moderasi Beragama ini sendiri bertujuan untuk bisa mendapatkan ASN yang lebih profesional dan juga moderat.

Cara Pemilihan Lokasi SKTT PPPK Kemenag 2023

Karena tes ini menjadi salah satu syarat kelulusan di dalam seleksi, para pelamar yang sudah melakukan ujian atau sudah melaksanakan tes kompetensi PPPK Kemenag 2023 wajib untuk mengikuti tes SKTT ini.

Syarat syarat supaya kamu bisa mengikuti PPPK Kemenag 2023 ini yaitu untuk melakukan pemilihan lokasi ujian ataupun tes. Pelamar mempunya waktu yakni sekitar 5 hari untuk melakukan pemilih lokasi tes, yakni mulai dari tanggal 29 November sampai dengan tanggal3 Desember 2023.

Berikut ini merupakan tata cara pemilihan lokasi SKTT PPPK Kemenag 2023 yaitu:

  • Pertama kamu buka laman casn.kemenag.go.id/lokasi
  • kemudian masukanlah NIK dan juga Nomor Peserta Seleksi PPPK Kemenag 2023 kamu
  • Kemudian kamu klik tombol “VALIDASI”
  • Jika memang data data kamu sudah sesuai, kemudian akan muncul nama sesuai dengan NIK dan Nomor Peserta yang dimasukkan
  • nah disini juga akan ada pemilihan lokasi tes SKTT nya
  • Pilihlah lokasi tes SKTT kamu dengan memilih Provinsi Lalu, kamu bisa isi di kolom lokasi, pilihlah Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota sesuai dengan keinginan kamu
  • Pilihlah lokasi ujian (kantor kemenag) yang memang terdekat sesuai dengan tempat domisili kamu Jika sudah yakin dengan pilihannya, kamu tinggal klik tombol “SIMPAN.”

Sebagai tambahan, lokasi dari gedung untuk tes SKTT PPPK Kemenag 2023 ini bisa saja berubah ubah. Lokasi ini sendiri bisa kantor kemenag di daerah, madrasah, PTKN, maupun sesuai instansi di bawah Kementerian Agama yang lainnya. Untuk daftar peserta SKTT PPPK Kemenag 2023 dan beserta jadwal dan juga beserta lokasi ujian akan langsung diumumkan oleh Kementerian Agama di dalam waktu dekat.

Jadwal seleksi kompetensi PPPK 2023

Berikut ini merupakan jadwal terkait seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023.

  • Penjadwalan Seleksi Kompetensi: 1 s.d. 4 November 2023
  • Pengumuman Daftar Peserta, Waktu, dan Tempat Seleksi Kompetensi: 5 s.d. 8 November 2023
  • Pelaksanaan Seleksi Kompetensi: 10 November s.d. 4 Desember 2023
  • Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan: 15 November s.d. 6 Desember 2023
  • Pengolahan Nilai Seleksi Kompetensi: 30 November s.d. 9 Desember 2023
  • Pengumuman Kelulusan: 6 s.d. 15 Desember 2023

Berikut ini merupakan hal-Hal yang perlu untuk kamu perhatikan sebagai calon PPPK Kemenag dalam memilih lokasi ujian SKTT.

1. Ujian SKTT ini hanyalah boleh untuk diikuti oleh para Calon PPPK Kemenag yang sudah mengikuti tes Seleksi Kompetensi CPPPK dengan melalui Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara.

2. Untuk para Calon PPPK yang datanya sudah tercatat sebagai peserta Formasi Umum wajib untuk memenuhi syarat Nilai Ambang Batas (NAB) dulu berdasarkan ketentuan ketentuan yang berlaku.

3. Untuk pemilihan titik lokasi ujian SKTT ini sendiri hanya akan dibuk yaknia selama 5 hari, yakni dimulai tanggal 29 November sampai dengan tanggal 3 Desember 2023.

4. mengenai jadwal dan juga ketentuan dari pelaksanaan ujian SKTT  ini akan diumumkan dengan secara resmi dengan melalui laman Kemenag dengan alamat https://kemenag.go.id dan SSCASN BKN.

Demikian cara Memilih loksi Seleksi Kompetensi Tambahan PPPK Kemenag 2023, semoga bermanfaat.

Tags

Related Post

Leave a Comment