Apa Perbedaan PPPK Khusus dan PPPK Umum? Simak Penjelasan Berikut

Perbedaan PPPK Khusus dan PPPK Umum – Mungkin masih banyak orang yang masih ragu untuk mendaftarkan dirinya menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Padahal

nurnih

Perbedaan PPPK Khusus dan PPPK Umum – Mungkin masih banyak orang yang masih ragu untuk mendaftarkan dirinya menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Padahal jika anda mendaftar ada banyak sekali kelebihan yang bisa didapatkan. Kebanyakan dari mereka ini memilih untuk menunggu pendaftaran CPNS pada tahun selanjutnya dibuka.

Hal ini mungkin saja terjadi karena, mereka tidak tahu apa saja kelebihan PPPK jika dibandingkan dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Padahal kelebihan juka kelebihan PPPK, ini yaitu memberikan sebuah jaminan pendapatan yang akan diterima bisa  jauh lebih besar kjika dibandingkan dengan pendapatan PNS.

Didalam artikel ini juga akan dijelaskan mengenai perbedaan PPPK Khusus dan PPPK Umum, Mari simak artikel berikut:

Perbedaan PPPK Khusus dan PPPK Umum

1. PPPK Khusus

Instansi pemerintah mempunyai sebuah kebutuhan yang cukup besar khususnya untuk PPPK Khusus, Kebutuhan PPPK khusus ini bisa mencapai hingga 80 persen dari total kebutuhan tenaga. Hal ini artinya akan dibuka sebagian besar formasi seleksi PPPK ini yaitu untuk para pelamar dari golongan PPPK Khusus.

Salah satu hal inilah yang akan memberikan peluang besar bagi para  mantan Tenaga Honorer Kategori II (THK-II) dan juga bagi para pelamar non-ASN yang mempunyai pengalaman sebelumnya untuk menjadi PPPK.

2. PPPK Umum

Untuk sementara itu, PPPK Umum ini hanya membutuhkan lebih sedikit, jadi hanya akan mencakup sekitar 20 persen dari total keseluruhan kebutuhan tenaga,jJumlah formasi yang tersedia untuk para pelamar yang belum pernah menjadi ASN.

Pada sebel sebelumnya jauh lebih sedikit  jika dengan jumlah PPPK Khusus. Walaupun demikian, para pelamar PPPK Umum ini juga mempunyai kesempatan yang sama untuk bergabung dengan sektor pekerja pemerintahan.

Jika dilihat dalam konteks jumlah kebutuhan ini, sangat terlihat bahwa pemerintah jauh lebih memprioritaskan penerimaan pelamar dari golongan PPPK Khusus saja, karena hal ini mencakup mantan THK-II dan juga pelamar non-ASN yang mempunyai sebuah pengalaman kerja pada sebelumnya.

Hal ini mungkin mungkin saja mempunyai tujuan yakni untuk memberikan kesempatan yang jauh lebih besar kepada mereka yang sudahi d lama berkontribusi dalam pelayanan publik dan juga agar bisa memiliki pengalaman yang jauh relevan untuk bisa menjadi bagian dari pegawai ASN dengan melalui jalur PPPK.

Meskipun PPPK 2023 ini mempunyai sebuah perbedaan dengan status CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), menjadi PPPK mempunyai beberapa keuntungannya tersendiri:

1. Peluang Kerja yang Lebih Cepat

Salah satu dari keuntungan yang paling utama menjadi pegawai PPPK ini mempunyai peluang kerja yang lebih dibandingkan CPNS.

Dalam prosses seleksi PPPK ini umumnya lebih singkat, yang artinya Anda bisa memulai karier dalam pelayanan publik dengan lebih cepat.

PPPK ini akan sangat menguntungkan bagi individu yang memang ingin segera terlibat dalam pekerjaan pemerintah dan juga membangun sebuah pengalaman.

2. Fleksibilitas dalam Pemilihan Posisi

PPPK akan membuka pintu yang luas bagi berbagai jenis pekerjaan yang ada di dalam sektor pemerintahan. Anda bisa melamar untuk posisi yang memang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan juga keterampilan Anda, termasuk sebagai seorang guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis, dan masih banyak lagi.

Ini memberikan fleksibilitas untuk mengejar karier yang sesuai dengan minat dan kompetensi Anda.

3. Pengalaman dan Pembelajaran

Menjadi PPPK pastinya akan memberi anda sebuah pengalaman yang berharga dalam sektor pemerintahan. Nantinya anda akan terlibat dalam sebuah proyek dan program program yang menambah pengetahuan dan keterampilan.

Ini merupakan sebuah landasan karir yang baik untuk anda di masa yang akan datang nanti.

5. Kontribusi pada Pelayanan Publik

Sebagai PPPK, Anda akan memiliki kesempatan untuk berkontribusi pada pelayanan publik dan memengaruhi positif masyarakat.

Bekerja di sektor pemerintahan memberikan kesempatan untuk terlibat dalam proyek-proyek yang memiliki dampak langsung pada kesejahteraan dan kemajuan bangsa.

4. Kontrak Dapat Diperpanjang

Meskipun menjadi pegawai PPPK pada awalnya mempunyai status sebagai pegawai dengan perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT), penting untuk anda catat bahwa untuk kontrak PPPK ini bisa untuk diperpanjang sesuai dengan kebijakan dari pemerintah dan juga dari penilaian kinerja Anda.

6. Stabilitas Pendapatan

Walaupun PPPK ini mempunyai sebuah hak dan juga sebuah jaminan yang sama seperti pegawai CPNS lainnya, mereka juga masih bisa untuk mendapatkan gaji dan juga bisa mendapat tunjangan yang cukup stabil selama masa kontrak mereka. Inilah yang akan memberikan sebuah stabilitas finansial yang cukup penting bagi kehidupan kamu.

7. Kesempatan Pelatihan

Pemerintah juga biasanya sering menyediakan sebuah kesempatan untuk melakukan pelatihan dan pengembangan bagi PPPK untuk bisa meningkatkan sebuah keterampilan dan juga sebuah pengetahuan mereka.

Ini yang akan bisa membantu kamu untuk meningkatkan kompetensi Anda dan juga untuk mempersiapkan diri untuk tantangan yang lebih besar di masa depan nanti.

Mungkin Itu saja penjelasan singkat mengenai Perbedaan PPPK Khusus dan PPPK Umum serta apa saja keuntungan menjadi PPPK semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam memilih di Seleksi PPPK Selanjutnya.

Tags

Related Post

Leave a Comment