Apakah Fresh Graduate Bisa Daftar PPPK? Apa saja Syarat & Cara Mendaftarnya

Apakah Fresh Graduate Bisa Daftar PPPK?  – Kabar gembira bagi kamu yang saat ini sedang mencari lowongan pekerjaan. Pasalnya, di tahun ini pemerintah juga akan

nurnih

Apakah Fresh Graduate Bisa Daftar PPPK?  – Kabar gembira bagi kamu yang saat ini sedang mencari lowongan pekerjaan. Pasalnya, di tahun ini pemerintah juga akan membuka lowongan РРРК 2024. Lalu, apakah fresh graduate bisa daftar РРРК 2023? Berikut ini meurpakan penjelasannya.

Telah diberitakan bahwa untuk lowongan РРРК ini telah dibuka pada September 2023. Lowongan РРРК ini pun disambut dengan gembira oleh para pencari kerja. Namun yang menjadi pertanyaannya, apakah fresh graduate bisa daftar РРРК 2023?

Pemerintah juga sudah menyampaikan, lowongan РРРК 2023 ini bukan hanya terbuka untuk para tenaga honorer (non ASN) saja, tetapi juga ini akan terbuka untuk para fresh graduate atau lulusan baru. Hal ini juga yang disambut hangat oleh para fresh graduate.

Apakah Fresh Graduate Bisa Daftar PPPK ?

Di dalam sebuah Peraturan Pemerintah Republik Indonesia pada Nomor 49 tahun 2018 yang berisi tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, telah disebutkan bahwa  semua warga negara Indonesia ini mempunyai sebuah kesempatan yang sama untuk bisa melamar menjadi seorang PPPK jika memang memenuhi persyaratan.

Sudah dipastikan bahwa, siapapun bisa saja untuk mendaftar PPPK termasuk juga untuk yang lulusan baru atau fresh graduate. Namun, kebutuhan fresh graduate ini memanglah akan tergantung pada instansi dan kategori yang ada yang bisa dilamar. Misalnya saja yaitu untuk kategori PPPK Guru dan juga Tenaga Kesehatan, fresh graduate yang tidak bisa melamar.

Sudah disebutkan persyaratan khusus dalam nakes sendiri, surat tanda registrasi (STR) yang wajib untuk dimiliki harus mempunyai masa berlaku yakni minimal 2 tahun. Sementara di dalam persyaratan yang khususnya, PPPK guru juga harus mempunyai pengalaman dan kompetensi yang memadai.

Walaupun tidak bisa menjadi seorang PPPK Guru dan PPPK Nakes, yang lulusan fresh graduate bisa untuk mendaftar dalam formasi PPPK Tenaga Teknis di berbagai instansi.

Syarat Daftar PPPK Tenaga Teknis 2023

Ketentuan untuk mempunyai sebuah pengalaman bagi pendaftar PPPK 2023 ini, pada sebelumnya juga sudah tertulis di dalam syarat umum PPPK 2023. Dalam persyaratannya tersebut disebutkan bahwa, bagi pendaftar  harus mempunyai pengalaman yakni minimal 2 tahun di dalam bidang pekerjaan yang relevan. Berikut ini merupakan syarat lengkap untuk daftar PPPK 2023.

  • Merupakan Seorang Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Mempunyai usia minimal 20 tahun dan maksimal yakni satu tahun sebelum batas usia tertentu di dalam jabatan yang akan dilamar.
  • Tidak pernah melakukan tindak pidana dan dipidana penjara berdasarkan dengan hasil putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap karena sudah melakukan sebuah tindak pidana dengan penjara 2 tahun maupun lebih.
  • Tidak pernah diberhentikan secara hormat tidak atas permintaan sendiri maupun dengan tidak hormat sebagai PPPK, PNS, TNI, polisi, maupun diberhentikan tidak dengan hormat sebagai seorang pegawai swasta.
  • Tidak berstatus sebagai CPNS, PNS, TNI, dan juga seorang polisi.
  • Tidak sedang menjadi anggota maupun seorang pengurus partai politik ataupun terlibat di dalam politik praktis apapun.
  • Harus bisa memenuhi kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan dari jabatan yang akan dilamar.
  • Sehat jasmani dan juga rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang nanti akan dilamar.
  • Bersedia untuk ditempatkan di daerah seluruh wilayah di Indonesia.
  • Tidak mempunyai catatan atau keterlibatan dalam segala tindak kriminal apa pun yang telah dinyatakan oleh Polri.
  • Tidak pernah terlibat di dsebuah alam organisasi terlarang maupun organisasi masyarakat yang sudah dicabut status badan hukumnya.
  • Para pelamar harus mempunyai sebuah pengalaman yakni minimal 2 tahun maupun lebih di dalam bidang kerja yang relevan.

Cara daftar PPPK tenaga teknis 2023

Berikut ini merupakan tata cara daftar PPPK tenaga teknis 2023 Untuk fresh graduate:

  • Pertama kamu masuk ke dalam laman https://sscasn.bkn.go.id/ kemudian kamu klik “Buat Akun”.
  • Di dalam menu Buat akun, kamu harus mengisi nomor induk kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), identitas sesuai KTP, nomor ponsel, dan juga mengisi alamat email.
  • Login dengan menggunakan NIK dan juga password yang sebelumnya sudah didaftarkan, lalu kamu tinggal melengkapi data diri kamu.
  • Pilihlah jenis tes seleksi “PPPK Tenaga Teknis”.
  • Kemudian, kamu pilih instansi yang memang kamu inginkan yaitu dengan cara memilih jenis alokasi kebutuhan (formasi), pendidikan, jabatan yang akan kamu lamar, lokasi formasi, serta lokasi tes.
  • Selanjutnya kamu isi IPK, nomor ijazah, tahun lulus, tanggal ijazah, nama perguruan tinggi (sesuai dengan ijazah), nama program studi, dan juga mengisi akreditasi.
  • Selanjutnya kamu tinggal unggah semua dokumen persyaratan di atas. Pastikanlah dokumen dokumen yang akan kamu unggah sudah lengkap, benar, dan juga bisa terbaca. Karena, kesalahan di dalam mengunggah dokumen ini bisa saja mengakibatkan kamu tidak lulus pada tahap seleksi administrasi.

Jika proses pendaftaran selesai, maka tahap yang selanjutnya yaitu  mencetak Kartu Pendaftaran untuk bisa digunakan sebagai bukti kamu bahwa sudah menyelesaikan proses pendaftaran.

Demikian tadi itu informasi mengenai Apakah Fresh Graduate Bisa Daftar PPPK? Berdasarkan dengan uraian di atas, fresh graduate atau lulusan baru bisa mendaftar cuman dalam instansi tertentu dan di dalam bidang pekerjaan yang relevan.

Tags

Related Post

Leave a Comment