Inilah 11 Formasi CPNS 2023 Untuk Lulusan S1 Semua Jurusan Yang Harus Kamu Tahu

Formasi CPNS 2023 Untuk Lulusan S1 Semua Jurusan – Kita sudah memasuki awal bulan September 2023 yang semakin terasa hawa-hawa pembukaan pendaftaran CPNS pada tahun

nurnih

Formasi CPNS 2023 Untuk Lulusan S1 Semua Jurusan – Kita sudah memasuki awal bulan September 2023 yang semakin terasa hawa-hawa pembukaan pendaftaran CPNS pada tahun kali ini. Pertanyaan mengenai formasi CPNS 2023 untuk lulusan S1 untuk semua jurusan kini mulai bermunculan, dan banyak juga diajukan oleh netizen di mesin peramban paling populer yaitu Google.

Bagi kamu yang lulusan jenjang S1 dan sudah mulai penasaran mengenai formasi CPNS apa saja sih yang kira-kira dibuka untuk semua jurusan, pada artikel singkat kali ini kami akan membahasnya semoga bisa memberikan jawaban atas pertanyaan pertanyaan yang ada di benak kamu.

Totalnya ada 11 formasi yang bisa kamu lamar jika kamu lulusan S1 semua jurusan. Berikut merupakan daftar lengkapnya disertai dengan penjelasan tentang tugas tugasnya.

1. Analisis Kebijakan

Analisis Kebijakan adalah seseorang yang bertugas melakukan analisis terhadap isu isu kebijakan yang berkaitan dengan beberapa bidang yakni seperti ekonomi, politik, sosial, dan juga lingkungan.

Nantinya, Analisis Kebijakan ini diharuskan untuk melakukan analisis data, melakukan rekomendasi, dan juga  membantu merancang kebijakan kebijakan terkait dengan bidang-bidang tersebut.

2. Penyuluh Sosial

Penyuluh Sosial ialah seseorang yang mempunyai sebuah tanggung jawab untuk memberikan informasi informasi dan bimbingan.

Posisi yang satu ini mempunyai sebuah tujuan untuk memberikan edukasi mengenai sosial, pendidikan, bahkan hingga kesehatan kepada masyarakat masyarakan pada daerah tertentu sesuai dengan daerah tujuan tugas pada saat itu.

3. Auditor

Auditor, ini juga merupakan salah satu formasi yang bisa untuk kamu lamar oleh Formasi CPNS 2023 Untuk Lulusan S1 Semua Jurusan kali ini. Formasi ini mempunyai sebuah tugas yakni untuk melakukan penilaian terhadap kepatuhan atas aturan aturan dan prosedur yang telah ada.

Jadi, Auditor ini akan langsung melakukan pengecekan apakah terdapat kecurangan sampai memberikan rekomendasi perbaikan sistem yang terdapat kesalahan saat bertugas.

4. Pekerja Sosial

Pekerja sosial merupakan seseorang yang tugasnya untuk bisa membantu masyarakat dalam mengatasi masalah masalah sosial, seperti kemiskinan, kekerasan, dan juga pengangguran.

Tugas utama untuk pekerja sosial ini yaitu melakukan konseling, memberikan bantuan keuangan yang biasanya berupa materi, dan juga memfasilitasi pelayanan sosial.

5. Pemeriksa

Pemeriksa merupakan formasi yang bertugas untuk memeriksa kebenaran, keabsahan, atau keaslian suatu dokumen maupun juga barang.

Tugas yang utama seorang pemeriksa yaitu memeriksa dokumen, memeriksa barang, dan juga memberikan rekomendasi rekomendasi atau saran.

6. Penggerak Swadaya Masyarakat

Penggerak swadaya masyarakat merupakan formasi yang bertugas untuk mengkoordinasikan dan juga membantu kegiatan kegiatan masyarakat yang akan dilakukan secara swadaya, yaitu seperti gerakan sosial, kegiatan sosial dan juga program-program pemberdayaan pada masyarakat.

Tugas yang utama penggerak swadaya masyarakat ini yaitu mengorganisasi kegiatan, mengumpulkan dana dan juga memberikan pelatihan meupun bimbingan.

7. Widyaiswara

Widyaiswara merupakan seorang profesional yang mempunyai tugas sebagai pengajar maupun sebagai instruktur pada suatu lembaga maupun program pelatihan.

Tugas yang utamanya yaitu merancang dan juga mengajar program pelatihan, serta untuk membimbing dan menilai peserta pelatihannya.

8. Perekayasa

Perekayasa ini merupakan seseorang yang bertanggung jawab untuk merancang, membangun dan juga untuk mengembangkan berbagai macam jenis sistem, seperti sistem teknologi, infrastruktur dan juga mesin.

Tugas yang utama perekayasa yaitu merancang sistem, menguji sistem, dan juga memperbaiki sistem sistem yang ada.

9. Perencana

Perencana adaalah sebuah jabatan fungsional yang mempunyai tugas untuk memantau dan juga merancang perkembangan suatu organisasi maupun suatu proyek yang akan ataupun sedang dilakukan.

Jadi, seorang Perencana ini akan bertanggung jawab dalam menyiapkan, mengkaji, merumuskan kebijakan kebijakan, dan juga akan menyusun rencana pembangunan pada instansi pemerintah dengan secara teratur dan juga sistematis, termasuk mengendalikan, memantau, dan juga untuk mengevaluasi pelaksanaan rencana pembangunan.

10. Pengawasan Penyelenggara Urusan Pemerintahan Daerah

Formasi CPNS 2023 untuk lulusan S1 semua jurusan yang selanjutnya ini yaitu Pengawasan Penyelenggara Urusan Pemerintahan Daerah. Posisi kali ini akan bertanggung jawab melakukan evaluasi, pemantauan, bahkan hingga pengawasan terhadap kinerja para penyelenggara urusan pemerintah daerah.

11. Peneliti

Sebagaimana jabatan peneliti yang lainnya, Peneliti di ranah ASN ini juga akan bertugas untuk melakukan sebuah riset. Nah, biasanya riset inilah yang akan dilakukan yang terkait dengan bidang pengetahuan dan juga teknologi.

Syarat Daftar CPNS 2023

Sebelum kamu mendaftar, tentunya kamu sebagai calon pelamar harus mencermati syarat syarat untuk pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan juga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) secara umum, misalnya saja terkait dengan batas usia pelamar, jabatan, kualifikasi pendidikan, dan yang lain-lain.

Selain dari itu, calon pelamar juga akan diminta harus aktif mencari informasi informasi di laman atau media sosial resmi instansi pemerintah untuk terkait dengan seleksi CASN.

“Seperti pada tahun-tahun yang sebelumnya, seluruh syarat dan juga ketentuannya akan diinformasikan dengan secara terbuka,” ujarnya.

Berikut ini merupakan syarat syarat daftar CPNS 2023 dan PPPK:

  • Harus Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Mempunyai usia minimal 18 tahun dan maksimalnya 35 tahun
  • Calon pelamar tidak pernah dipenjara
  • Calon ASN Tidak pernah diberhentikan dengan secara tidak hormat dari PNS, TNI, maupun kepolisian
  • Calon ASN Tidak sedang menjadi CPNS, PNS, TNI, Maupun menjadi anggota partai politik
  • Mempunyai kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan jabatan yang akan didaftar
  • Sehat jasmani maupun rohani
  • Lulusan CPNS 2023  bersedia untuk ditempatkan di seluruh wilayah yang ada di Indonesia atau negara lain sesuai dengan ketentuan dari instansinya

Cara daftar CPNS dan PPPK:

Buat Akun

  • Pertama kamu buka laman https://sscasn.bkn.go.id
  • Selanjutnya daftarkan akun SSCASN kamu
  • Isi informasi informasi yang diminta di laman tersebut seperti NIK, nomor KK, nomor HP, dan juga naman email kamu aktif
  • Selanjutnya kamu klik ‘Lanjutkan’ dan pastikanlah data data kamu sudah benar
  • Selanjutnya Klik ‘Proses Pendaftaran Akun’
  • Tunggu sampai muncul konfirmasi registrasi

Login Akun

  • Selanjutnya kamu masuk ke akun SSCASN kamu yang telah berhasil terdaftar
  • Lengkapi informasi informasi diri kamu dan unggah foto swa foto
  • Klik ‘Selanjutnya’

Pilih Formasi CPNS

  • Untuk memilih formasi kamu pilih ‘CPNS’ sebagai jenis seleksi
  • Pilihlah formasi yang sesuai dengan lulusan atau pendidikan yang kamu punya

Upload Dokumen

  • Selanjutnya kamu unggah berkas-berkas yang diminta sesuai dengan format yang telah ditentukan
  • Setelah itu kamu cetak Kartu CPNS nya
  • Periksa kembali resume dan akhiri pendaftaran
  • Selanjutnya kamu tinggal cetak kartu informasi akun kamu dan kartu pendaftarannya

Itulah tadi 11 formasi CPNS 2023 untuk lulusan S1 semua jurusan. Sekarang kamu tidak perlu untuk memikirkan lagi apakah jurusanmu akan terdaftar ataupun tidak. Jadi, kamu bisa untuk memikirkan syarat syarat lainnya dan juga belajar untuk tes seleksinya saja.

Tags

Related Post

Leave a Comment