Jangan Ketinggalan! 6 Instansi CPNS 2024 Yang Akan Buka Lowongan untuk SMK/Sederajat

instansi CPNS 2024 – Sebentar lagi pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2024 akan di buka

nurnih

instansi CPNS 2024 – Sebentar lagi pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2024 akan di buka oleh pemerintahan. Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, yang bernama Aba Subagja juga mengatakan, pendaftaran CPNS dan PPPK ini rencananya akan dibuka yakni pada bulan Mei 2024.

“Ini sudah ditargetkan dibuka nanti bulan Mei untuk dilakukan tes, dan jika memang masih kosong lagi, masih bisa ada tes di berikutnya,” ungkapnya, Selasa (9/1/2024). Pada tahun ini, pemerintah sendiri sudah menyediakan hingga sebanyak 2,3 juta formasi yang juga mencakup untuk fresh graduate.

Selain dari itu, ada juga sebuah formasi PPPK untuk tenaga guru, kesehatan, dan juga untuk tenaga teknis. Lalu, apakah ada formasi CPNS 2024 lulusan SMA/SMK? Sampai saat kini, masih belum ada sebuah pengumuman yang resmi yang mengenai rincian formasi CPNS dan PPPK 2024, termasuk juga apakah akan dibuka posisi untuk lulusan SMA/SMK.

“Masyarakat silahkan untuk memantau dengan secara berkala informasinya dengan melalui laman resmi BKN dan jangan merujuk pada sumber informasi yang tidak benar,” kata Plt, Kepala Biro Humas, Hukum, dan juga  Kerjasama BKN dikutip dari dalam laman Instagram @bkngoidofficial, pada Rabu (10/1/2024).

Formasi CPNS 2024 SMA/SMK

1. Badan Intelijen Negara (BIN)

Yang pertama ada Instansi BIN yang merupakan alat negara yang akan menyelenggarakan fungsi dalam intelijen negeri dan luar negeri. Pada tahun 2023 lalu, instansi ini juga pernah membuka formasi untuk lulusan SMA/SMK.

Jika memang kamu tertarik ingin mendaftar instansi ini, gaji yang ditawarkan dalam posisi ini yakni sekitar Rp 2 juta sampai 4,5 juta menarik bukan.

2. Kemenkumham

Yang selanjutnya, instansi yang juga pernah membuka formasi untuk yang lulusan SMA/SMK yaitu ada instansi Kemenkumham. Dilansir langsung dari kemenkumham.go.id, instansi ini mempunyai sebuah tugas dalam penguatan dan juga pelayanan hak asasi manusia.

Di dalam formasi ini, nantinya bagi kamu yang lolos dalam seleksi seluruh tahap pendaftaran, maka kamu akan menjadi penjaga tahanan.

3. Kejaksaan Agung

Selanjutnya ada kejaksaan Agung (Kejagung) yang akan juga membuka formasi untuk kamu yang cuma lulusan SMA pada pendaftaran CPNS 2024 ini.

Formasi yang dibutuhkan ini sendiri yaitu sebagai seorang operator penjaga tahanan dan juga Klerek-pengelola penanganan perkara, Adapun untuk gaji yang akan diterima dalam formasi ini yakni kisaran Rp5,66 juta hingga Rp7,06 juta.

4. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) ini juga akan membuka lowongan untuk PPPK yang lulusan SMA/SMK. Instansi BKKBN ini pada tahun lalu juga telah membuka formasi untuk Petugas Lapangan Keluarga Berencana Pemula.

5. Kementerian Pertanian

Berikutnya ada instansi Kementerian Pertanian (Kementan) yang akan membuka formasi untuk para lulusan SMA/SMK dengan gaji yang akan diberikan sebesar Rp2.325.600 hingga Rp5.825.600.

Untuk kamu yang hanya lulusan SMA/SMK sederajat, Kementan ini hanya akan membuka lowongan PPPK untuk kategori umum yakni untuk Paramedik Veteriner

6. Kementerian Perhubungan

instansi CPNS 2024 selanjutnya yaitu Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang juga akan membuka lowongan PPPK 2023 untuk jenjang SMK/sederajat. Kemenhub ini akan membuka PPPK 2024 untuk kamu yang lulusan SMK pada jabatan Pengawas Keselamatan Pelayaran di dalam Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Syarat Dokumen Pendaftaran CPNS 2024

  • Kartu keluarga
  • Kartu tanda penduduk (KTP) atau pun surat keterangan langsung dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
  • Ijazah
  • Transkrip Nilai
  • Pas foto
  • Swafoto/selfie
  • Dokumen yang lainnya yang sesuai dengan ketentuan dari jenis seleksi dan instansi yang akan kamu lamar.

Cara Pendaftaran CPNS 2024

  • Pertama kamu Masuk ke dalam situs resmi SSCASN di sscasn.bkn.go.id atau bisa klik link berikut.
  • Kemudian kamu tinggal membuat akun kamu dengan menggunakan nomor induk kependudukan (NIK)
  • Kemudian kamu Log in lagi dengan memasukkan NIK sebagai username dan juga password yang sudah kamu daftarkan
  • Selanjutnya kamu tinggal melengkapi biodata
  • Kamu bisa memilih jenis seleksi formasi instansi dan juga jabatan sesuai dengan pendidikanmu
  • Lengkapi data pendidikan
  • Lalu unggah dokumen persyaratan.
  • Kamu bis periksa kembali kelengkapan semua hasil yang diunggah
  • Selanjutnya cetak kartu informasi dan kartu pendaftaran
  • Verifikator informasi akan melakukan verifikasi dokumen pelamar
  • Jika seleksi administrasi kamu memang dinyatakan lulus, cetak kartu ujian di dalam akun SSCASN
  • Nantinya panitia seleksi instansi akan mengumumkan terkait informasi kelulusan pelamar
  • Terakhir tahap pemberkasan dan Penetapan NIP

Demikian pembahasan artikel mengani Instansi CPNS 2024 yang akan buka untuk yang lulusan smk, semoga bermanfaat.

Tags

Related Post

Leave a Comment