Jangan Lewatkan! Alur Pendaftaran dan Tahapan Seleksi CPNS 2024

Tahapan Seleksi CPNS 2024 – Ada kabar gembira yang datang dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Pemerintah pada tahun ini akan membuka

nurnih

Tahapan Seleksi CPNS 2024 – Ada kabar gembira yang datang dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Pemerintah pada tahun ini akan membuka kembali rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024. Lalu kapan pendaftaran CPNS 2024? Dan apa saja tahapan pendaftarannya?

Plt Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB yaitu Teguh Widjinarko telah menyatakan bahwa akan merilis pengumuman untuk seleksi CPNS 2024/2025 ini pada bulan Mei 2024. Pada saat ini, masih memproses data untuk perekrutan CPNS 2024/2025 dan untuk institusi yang akan membuka sebuah peluang serta besaran sebuah formasinya.

Kementerian PANRB juga telah menegaskan bahwa untuk parapegawai honorer tetap bisa mengikuti seleksi CPNS dan juga pegawai pemerintah ini dengan melalui perjanjian kerja (PPPK) selama memenuhi persyaratan Undang-Undang. Semua warga negara indonesia berhak untuk mengikuti tes seleksi CPNS dan PPPK selama memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan.

Tahapan Seleksi CPNS 2024

1. Seleksi Administrasi

Tahapan yang pertama yang harus diikuti oleh setiap para peserta CPNS 2024 yaitu dengan melakukan seleksi administrasi, yakni dengan melengkapi berkas berkkas yang dibutuhkan. Seleksi administrasi ini juga akan dilakukan secara online dengan melalui situs sscn.bkn.go.id. Peserta diwajibkan untuk membuat akun SSCASN terlebih dahulu untuk melakukan pendaftaran.

Syarat untuk pendaftaran ini yakni harus mengunggah sejumlah dokumen untuk bisa melamar ke instansi yang memang diinginkan. Apabila nanti dinyatakan lolos dalam tes seleksi administrasi, peserta bisa untuk melanjutkan ke dalam tahap kedua, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD ini akan dilakukan yakni  sebagai tes yang akan disajikan dalam bentuk ujian komputer (CAT). Dalam tes ini, para peserta harus menjawab pertanyaan pertanyaan yang menjadi pilihan yang akan membahas seputar Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 30 soal.

Tes Intelegensia Umum (TIU) 35 Soal dan Tes Karakteristik Pribadi (ТКР) merupakan sebuah ujian tambahan selain TWK dan TIU. TKP ini akan dilakukan untuk mengevaluasi perilaku individu dengan secara sosial, profesionalisme, hubungan kerja, dan juga TI dan komunikasi.

3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Tahapan Seleksi CPNS 2024 Kemudian yang selanjutnya akan dilanjutkan tes SKB. Setelah kamu dinyatakan lulus SKD, pendaftar bisa langung melanjutkan ke dalam tahap ini. Instansi pembina jabatan akan menyusun materi mengenai SKB dalam bidang jabatan fungsional.

Materi ini tersebut akan diperbarui ke dalam bentuk soal CAT BKN. Soal SKB untuk jabatan pelaksana teknis bisa saja digunakan untuk jabatan fungsional yang terkait. Pelaksanaan untuk materi SKB ini bisa berupa sebagai berikut.

  • Tes Potensi Akademik
  • Tes Praktik Kerja
  • Tes Bahasa Asing
  • Tes Fisik atau Kesamaptaan
  • Psikotes
4. Wawancara

Bagi para peserta yang lolos dalam tes SKB bisa untuk mengikuti tahap wawancara, meskipun dalam penggunaan wawancara ini bisa saj bervariasi di setiap instansi. Apabila instansi tidak bisa menerapkan wawancara, maka penilaian hanya akan didasarkan pada sebuah hasil tes SKD dan SKB.

5. Integrasi Nilai dan Pengumuman

Setelah tes SKD, SKB, dan juga wawancara selesai, instansi selanjutnya akan melakukan integrasi nilai dari masing-masing tahapan tes. Bobot nilai untuk tes SKD adalah 40 persen dan juga SKB adalah 60 persen. Kelulusan para peserta CPNS ini akan ditentukan berdasarkan dengan skor tertinggi dari SKD dan SKB.

  • Bobot SKD 40 persen dan SKB 60 persen.
  • Integrasi nilai ini biasanya akan diambil dari perhitungan total SKD 40 persen lalu akan ditambah total SKB 60 persen.
  • Total SKD ini akan dihitung berdasarkan dengan skor yang akan diperoleh dibagi persentase skor tertinggi dan akan dikali bobot SKD 40 persen.
  • Total SKB ini akan menjadi 60 persen hasil tes CAT (SKB 1) dan menjadi 40 persen hasil wawancara atau jenis tes yang lainnya (SKB 2).
5. Pengumuman Kelulusan

Para pendaftar nanti akan dimintai untuk memeriksa status kelulusan sesudah menyelesaikan semua empat ujiannya tersebut. Semua pengumuman ini bisa untuk dilihat dengan melalui situs web masing-masing instansi sesuai dengan formasi yang sudah dipilih.

Kelulusan untuk peserta CPNS ini akan ditentukan berdasarkan dengan skor SKD dan SKB tertinggi.

6. Pemberkasan

Tahap yang terakhir setelah menyelesaikan lima tahap tersebut, pendaftar selanjutnya akan diminta untuk mengisi sebuah formulir yang akan disimpan di masing-masing instansi.

Itulah tadi informasi seputar Tahapan Seleksi CPNS 2024. Jadi sudah sejauh mana nih persiapan kamu untuk menghadapi seleksi CPNS 2024 yang sebentar lagi sibuka? Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya!

Tags

Related Post

Leave a Comment