Kabar Gembira! Rekrutmen ASN 2024 Segera Dibuka: Ini Kuota, Formasi Dan Syaratnya

Rekrutmen ASN 2024  – Pendaftaran CPNS 2024 ini sudah dipastikan akan dibuka pada tahun ini. Ada pun untuk lebih tepatnya belum diketahui dengan secara pasti.

nurnih

Rekrutmen ASN 2024  – Pendaftaran CPNS 2024 ini sudah dipastikan akan dibuka pada tahun ini. Ada pun untuk lebih tepatnya belum diketahui dengan secara pasti. Pengumuman yang mengenai rencana seleksi CASN 2024 ini akan segera dipublikasikan pada awal Januari 2024. Ada jutaan lowongan yang bisa untuk diperebutkan oleh para pelamar.

Formasi baru yang akan mendukung untuk kebutuhan ASN Talenta Digital ini akan dibuka yakni mulai tahun ini. Lulusan baru maupun lulusan fresh graduate turut diberikan kesempatan untuk bisa mengisi formasi formasi yang diperlukan.

Di samping itu, ada juga beberapa macam bocoran formasi yang dibuka dengan besar-besaran. Pegawai honorer juga akan diperhatikan oleh pemerintah agar bisa menjadi bagian dari ASN sebagai pegawai PPPK.

1. Kuota pendaftaran ASN

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan juga Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas telah menyampaikan, bahwa pada tahun ini pemerintah akan membuka lowongan ASN yakni sebanyak 2.302.453.

Jutaan lowongan ASN ini ditujukan untuk para pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dan juga untuk CPNS yang akan ditempatkan di instansi pusat dan juga daerah. Ada beberapa kuota juga yang secara khusus ini akan ditempatkan di IKN sebagaimana yang sudah diarahan Jokowi.

Berikut ini merupakan kuota pendaftaran ASN 2024:

  • Total kuota lowongan ASN 2024: 2.302.453
  • Kuota CPNS untuk freshgraduate: 690.822
  • Kuota РРРК: 1.605.694

2. Formasi ASN 2024

Untuk info lebih lanjut, Anas juga sudah merinci formasi apa saja yang nanti akan dibuka di dalam rekrutmen ASN 2024 ini, berikut ini rinciannya:

Formasi CPNS instansi pusat

Jumlah dari formasi CPNS di instansi pusat yaitu 429.183, berikut ini rinciannya:

  • Formasi CPNS freshgraduate dan umum: 207.247
  • Formasi CPNS dosen: 15.460
  • Formasi tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis: 191.787

Formasi PPPK

  • PPPK tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis: 221.936.

Formasi CPNS instansi daerah

Formasi CPNS di tingkat daerah ini berjumlah yakni sekitar 1.867.333 yang terdiri dari:

  • CPNS freshgraduate atau umum: 483.575

Formasi PPPK di instansi daerah: 1.383.758

  • Tenaga guru: 419.146
  • Tenaga kesehatan: 417.196
  • Tenaga teknis: 547.416.

3. Syarat CPNS 2024

Rekrutmen ASN 2024  Berikut ini merupakan syarat CPNS 2024 sesuai dengan Permenpan RB Nomor 27 Tahun 2021 yang berisi mengenai Pengadaan Pegawai Negeri Sipil:

  1. Pelamar harus seorang Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Pelamar tidak pernah melakukan tindak pidana dan dipidana penjara selama 2 tahun atau lebih;
  3. Pelamar tidak pernah diberhentikan secara hormat tidak atas permintaan sendiri maupun dengan tidak hormat sebagai PNS, TNI, Polri, maupun sebagai pegawai swasta;
  4. Pelamar tidak mempunyai kedudukan sebagai pegawai CPNS, PNS, TNI, atau Polri;
  5. Pelamar bukan merupakan anggota atau pengurus partai politik ataupun terlibat di dalam politik praktis;
  6. Pelamar mempunyai kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan dari jabatan yang akan dilamar;
  7. Pelamar harus dalam keadaan sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar;
  8. Sesudah menjadi seorang CPNS, bersedia untuk ditempatkan di seluruh wilayah NKRI maupun di negara lain yang sudah ditentukan oleh instansi pemerintah;
  9. Pelamar harus berusia 18-35 tahun pada saat melamar kecuali untuk dokter spesialis, dokter gigi spesialis, dokter pendidik klinis, dosen, peneliti, dan juga untuk perekayasa yang boleh melamar CPNS dengan batas usia paling yang tinggi 40 tahun.
Syarat CPNS 2024 Bagi Lulusan Terbaik atau Cumlaude
  1. Pelamar harus mempunyai jenjang pendidikan untuk yang paling rendah S1, tidak termasuk D-IV;
  2. Para pelamar berasal dari perguruan tinggi yang sudah terakreditasi A/unggul dan juga program studi terakreditasi A/unggul pada saat kelulusan yang juga dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang sudah tertulis pada ijazah;
  3. Bagi pelamar yang merupakan lulusan dari perguruan tinggi luar negeri memperoleh penyetaraan ijazah dan juga tentang surat keterangan yang menyatakan bahwa predikat kelulusannya setara dengan cumlaude dari Kemendikbudristek.
Syarat CPNS 2024 bagi Penyandang Disabilitas
  1. Pelamar harus melampirkan surat keterangan dari dokter, rumah sakit pemerintah/puskesmas yang juga menerangkan jenis dan juga derajat kedisabilitasannya;
  2. Pelamar harus menyampaikan video singkat yang akan menunjukkan kegiatan sehari-hari nya dalam menjalankan aktifitas sesuai dengan jabatan yang akan dilamar.

Demikian Penjelasan mengenai Rekrutmen ASN 2024 semoga dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu memudahkan bagi kamu yang ingin menjadi pegawai ASN Pada tahun ini, semoga berhasil.

Tags

Related Post

Leave a Comment