Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Di Buka Mei, Cek Formasi dan Cara Daftar

pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 – Pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) CPNS dan PPPK ini akan kembali lagi dibuka untuk tahun 2024 ini. Kementerian

nurnih

pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 – Pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) CPNS dan PPPK ini akan kembali lagi dibuka untuk tahun 2024 ini. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (PANRB) juga sudah mengungkapkan bahwa untuk rekrutmen ini sendiri akan dilakukan pada bulan Mei mendatang.

Pemerintah ini akan segera mengumumkan untuk jadwal pelaksanaanya setelah usai melakukan pembahasan mengani teknis dengan seluruh instansi. “Untuk tahapan yang pertama ini yaiti diharapkan untuk semua kementerian, lembaga, dan juga pemda untuk memasukkan data di dalam platform digital yang akan disiapkan oleh BKN,” kata Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas.

Anas juga menjelaskan bahwa pihaknya dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) ini sedang tengah membahas mengani pelaksanaan pengadaan ASN pada tahun 2024 ini. Ini akan dilakukan yakni dengan bertemu bersama pihak terkait.

“Minggu ini Tim Kementerian PANRB dan BKN intens juga telah melakukan sebuah pertemuan terutama dengan seluruh kementerian, lembaga, dan juga pemda termasuk dengan para pengelola kepegawaian,” ujarnya.

Pemerintah juga akan memberikan sebuah alokasi cukup besar bagi mereka yang memang baru lulus kuliah alias disebut fresh graduate. Mereka juga bisa untuk mengikuti seleksi mulai dari menjasdi dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis termasuk di dalamnya talenta digital, dan juga banyak sektor penting yang lainnya.

Formasi CPNS 2024

Total kuota untuk lowongan ASN 2024 ini akan membutuhkan yakni sebanyak 2.302.453. Untuk kuota CPNS bagi fresh graduate akan dibutuhkan yakni sebanyak 690.822. Sedangkan untuk kuota PPPK nya sendiri yakni sebanyak 1.605.694. Sementara itu, untuk jumlah formasi CPNS di instansi pusat yakni totalsebanyak 429.183. Berikut ini merupakan rinciannya:

  • Formasi CPNS fresh graduate dan umum: 207.247
  • Formasi CPNS dosen: 15.460
  • Formasi tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis: 191.787
  • PPPK tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis: 221.936.

pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Sedangkan untuk formasi CPNS di dalam Instansi Daerah ini yakni berjumlah sebanyak 1.867.333 yang terdiri dari:

  • CPNS fresh graduate atau disebut umum: 483,575
  • Formasi PPPK di instansi daerah: 1.383.758
  • Tenaga guru: 419.146
  • Tenaga kesehatan: 417.196
  • Tenaga teknis: 547.416

Langkah-langkah pendaftaran CPNS-PPPK

1. Seleksi administrasi.

Pertama para peserta melakukan pendaftaran dan mengikuti seleksi administrasi dengan melalui Portal SSCASN https://sscasn.bkn.go.id/.

Berikut ini merupakan cara membuat akun untuk bisa login ke dalam situs sscasn.bkn.go.id:

  • Pertama buka laman resmi SSCASN di https://sscasn .bkn.go.id
  • Kemudian daftar untuk buat akun SSCASN
  • Lengkapi informasi yang telah diminta untuk bisa membuat akun, seperti email aktif, nomor HP,Nomor Induk
  • Kependudukan (NIK), serta nomor Kartu Keluarga (KK).
  • Pastikanlah kembali data data yang kamu masukkan memang sudah lengkap dan benar lalu tekan ‘Lanjutkan’
  • Pilihlah ‘Proses Pendaftaran Akun’
  • Tunggulah hingga informasi konfirmasi muncul

Setelah peserta membuat akun, peserta bisa untuk memeriksa hasil seleksi administrasi dalam jadwal pengumuman yang memang telah ditentukan. Jika peserta berhasil lolos, peserta akan diminta mengunggah dokumen berupa pendukung guna proses verifikasi.

2. Seleksi kompetensi dasar (SKD).

Tes SKD ini biasanya akan dilaksanakan dalam format ujian berbantuan komputer (CAT). SKD ini akan terdiri dari tiga macam jenis tes, yaitu ada Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan juga Tes Karakteristik Pribadi (ТКР).

3. Seleksi kompetensi bidang (SKB).

Peserta yang naninya lulus dalam tes SKD bisa langsung melanjutkan ke tahap SKB yang akan diselenggarakan oleh masing masing instansi terkait. SKB ini akan mencakup Tes Potensi Akademik, Tes Praktik Kerja, Tes Bahasa Asing, Tes Fisik atau Kesamaptaan, dan Psikotes.

4. Integrasi nilai.

Setelah para peserta menyelesaikan tes SKD dan SKB, akan dilakukan integrasi nilai sesuai dengan peraturan yang telah berlaku. Bobot dari tes SKD ini yakni sebesar 40% dan untuk SKB sebesar 60%. Integrasi nilai dihitung dari jumlah total SKD dan juga dari total SKB (60%).

5. Pengumuman kelulusan.

Pengumuman untuk kelulusan ini bisa perserta lihat dengan melalui situs web resmi terkait instansi  sesuai dengan formasi yang sudah dipilih. Kelulusan dari peserta CPNS ini sendiri akan ditentukan berdasarkan dengan skor tertinggi dari SKD dan juga SKB.

6. Pemberkasan.

Peserta yang sudah menyelesaikan kelima tahapan seleksi ini akan diminta untuk mengisi formulir yang akan disimpan di masing-masing instansi pemerintah yang terkait.

Itulah tadi penjelasan mengenai pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 terbaru tahun ini.

Tags

Related Post

Leave a Comment