Persiapan Tepat: Inilah Cara Daftar CPNS 2024 di sscasn.bkn.go.id dan Syarat yang Harus Anda Ketahui

Berikut ini adalah Cara daftar CPNS 2024 di sscasn.bkn.go.id Mungkin saat ini kamu sedang mencari ini. Pemerintahan secara resmi sudah mengumumkan bahwa akan ada 2,3

nurnih

Berikut ini adalah Cara daftar CPNS 2024 di sscasn.bkn.go.id Mungkin saat ini kamu sedang mencari ini. Pemerintahan secara resmi sudah mengumumkan bahwa akan ada 2,3 juta ini termasuk formasi CPNS dan PPPK yang akan dibuka pada rekrmen tahun 2024 ini. Pengumuma ini diampaikan pak Jokowi Resmi.

“Formasi formasi tersebut nantinya akan dialokasikan untuk tenaga kesehatan, dosen dan guru serta untuk tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan,” ujar jokowi. Sementar untuk lulusan fresh graduate atau lulusan baru akan mendapatkan jatah yang lebih banyak dari tahun yang lalu yakni dengan CPNS sebanyak 690 ribu orang.

“formasi formasi ini akan tersebar di instansi pusat 207 ribu dan untuk instansi daerah sebanyak 483 ribu” kata jokowi. Meskipun demikian masyarakat masih ada yang belum tahu bagaimana Cara daftar CPNS 2024 dan syaratnya apa saja.

Cara daftar CPNS 2024

1. Buka Situs SSCASN BKN

Langkah yang pertama yaitu membuk situs resmi Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Nasional (SSCASN) BKN di laman ini https://www.bkn.go.id/layanan/sscasn/. Ini merupakan portal resmi yang memang digunakan untuk melakukan pendaftaran dan mengikuti seleksi CPNS di Indonesia ini.

2. Klik Tombol “Daftar”

Setelah kamu berhasil membuka situs SSCASN BKN, kemudian kamu carilah tombol “Daftar” yang biasanya terletak di bagian pojok kanan atas halaman. Kemudian kamu klik tombol untuk bisa memulai proses pendaftarannya.

3. Isi Formulir Pendaftaran dengan Lengkap dan Benar

Setelah kamu berhasil mengklik tombol “Daftar,” kamu akan langsung diarahkan ke dalam halaman pendaftarannya. Formulir pendaftaran nya harus diisi dengan lengkap dan juga benar. Pastikan kamu mempunyai informasi dan juga dokumen yang memang diperlukan sebelum kamu akan memulai pengisian formulir. Berikut ini beberapa informasi yang mungkin diminta:

  • Nama lengkap
  • Jenis kelamin
  • Tempat dan tanggal lahir
  • Agama
  • Status perkawinan
  • Alamat email aktif
  • Nomor telepon yang bisa dihubungi
  • Kewarganegaraan
  • Pilihan formasi CPNS yang memang kamu minati
  • Pendidikan terakhir
  • Data keluarga
  • Dan informasi pribadi lainnya yang relevan

Pastikan kamu untuk memeriksa kembali data yang sudah kamu masukkan untuk memastikan kembali kebenaran dan kelengkapan informasi. Kesalahan pada saat kamu melakukan pengisian formulir dapat berdampak pada proses seleksi kamu.

4. Klik Tombol “Daftar”

Setelah kamu selesai dalam mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar, langkah yang selanjutnya yaitu dengan mengklik tombol “Daftar” ataupun yang serupa yang terdapat di dalam halaman pendaftaran. Ini merupakan sebuah tindakan konfirmasi bahwa kamu ingin mendaftar sebagai peserta seleksi CPNS 2024.

5. Menerima Email Konfirmasi Pendaftaran

Cara daftar CPNS 2024 selanjutnya Setelah kamu mengklik tombol “Daftar,” kamu akan segera menerima email konfirmasi pendaftarannya. Email ini sendiri akan dikirim ke dalam alamat email yang kamu daftarkan. Pastikan kamu untuk memeriksa kotak masuk email kamu.

Email konfirmasi ini yang berisi informasi yang penting mengenai langkah yang selanjutnya di dalam proses pendaftaran CPNS ini.

6. Buka Email Konfirmasi Pendaftaran dan Klik Tautan untuk Mengaktifkan Akun Anda

Dalam sebuah email konfirmasi pendaftaran kamu, kamu nantiny akan menemukan sebuah tautan atau instruksi untuk melakukan pengaktifkan akun kamu. Kamu klik tautan tersebut lalu kamu ikuti instruksi yang diberikan.

Langkah ini merupakan langkah untuk memastikan bahwa akun kamu aktif dan siap untuk digunakan untuk melanjutkan proses pendaftaran Akun CPNS 2024 selanjutnya.

7. Setelah Akun Anda Aktif, Anda Dapat Login dan Melanjutkan Pendaftaran CPNS 2024

Sesudah kamu berhasil mengaktifkan akun kamu, kamu bisa untuk login menggunakan informasi yang kamu daftarkan saat kamu membuat akun. Pastikan kamu untuk selalu menjaga kerahasiaan informasi login kamu. Setelah login, kamu bisa langsung melanjutkan proses pendaftaran CPNS 2024.

Syarat Dokumen CPNS 2024 yang Harus Disiapkan

Selain kamu membuat akun dalam SSCASN CPNS 2024, para pelamar juga wajib untuk menyiapkan berkas berkas atau dokumen-dokumen yang memang diperlukan. Berikut ini merupakan dokumen yang harus dipersiapkan:

  • Kartu keluarga
  • Kartu tanda penduduk (KTP) maupun surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
  • Ijazah
  • Transkrip Nilai
  • Pas foto
  • Swafoto/selfie
  • Dokumen yang lainnya sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan juga sesuai dengan instansi yang akan dilamar.

Jadwal Pendaftaran CPNS 2024

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ini berencana akan membuka pendaftaran CPNS 2024 ini yakni pada bulan Mei mendatang.

Jika formasi yang dibuka pada seleksi CPNS dan PPPK bulan Mei 2024 masih belum terpenuhi, maka ini akan dibuka untuk seleksi berikutnya yani sampai dengan akhir tahun 2024.

Demikian informasi mengenai Cara daftar CPNS 2024 beserta syaratnya sebelum pendaftaran resmi CPNS 2024 ini dibuka.

Tags

Related Post

Leave a Comment