Segera dibuka! inilah 6 Lowongan CPNS 2024 untuk lulusan SMA dan Syaratnya

Kabar gembira! Seleksi CPNS 2024 akan segera dibuka, untuk penetapan formasi CPNS ini sendiri terdiri dari tiga perhitungan, yakni yang pertama ini untuk sisa formasi

nurnih

Kabar gembira! Seleksi CPNS 2024 akan segera dibuka, untuk penetapan formasi CPNS ini sendiri terdiri dari tiga perhitungan, yakni yang pertama ini untuk sisa formasi 2023, yang kedua yaitu jumlah untuk ASN yang pensiun pada tahun 2024, dan yang ketiga yaitu jumlah dari kebutuhan riil di lapangan dan yang ini merupakan instansi yang akan membuka lowongan CPNS 2024 untuk lulusan SMA.

Seperti pendaftaran pada tahun-tahun yang sebelumnya, pemerintahan yang akan membuka formasi CPNS 2024 ini tidak hanya diperuntukkan untuk yang lulusan sarjana saja, namun juga untuk kamu yang lulusan SMA.

Nah, bagi kamu yang saat ini hanya lulusan SMA/SMK dan kamu mau untuk mendaftar ASN tahun 2024 ini, sebaiknya kamu wajib mengetahui terlebih dahulu apa saja formasi formasi CPNS 2024 untuk yang lulusan SMA ataupun formasi CPNS 2024 lulusan SMK yang akan dibuka pada tahun ini.

Berdasarkan dari tahun tahun yang sebelumnya, berikut ini merupakan beberapa instansi yang akan membuka lowongan CPNS untuk lulusan SMA/sederajat.

Instansi CPNS untuk lulusan SMA/sederajat

1. Badan Intelijen Negara

Instansi yang pertama ada Badan Intelijen Negara (BIN) yang merupakan sebuah lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang mempunyai tugas yakni melaksanakan pemerintahan di bidang Intelijen.

Lembaga yang satu ini merupakan salah satu lembaga di instansi pemerintah yang membuka formasi bagi yang lulusan SMA di dalam seleksi CPNS dengan mempunyai gaji berkisar yakni antara Rp2 juta hingga Rp4,5 juta.

2. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

lowongan CPNS 2024 untuk lulusan SMA Yang selanjutnya ada kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang akan membuka formasi bagi kamu yang lulusan SMA/SMK yang mempunyai tugas yakni sebagai penjaga tahanan pada seleksi CPNS 2023.

3. BKKBN

BKKBN atau merupakan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional pada tahun 2024 ini juga akan membuka lowongan ASN untuk kamu yang lulusan SMA/SMK.

Instansi ini pada tahun lalu, formasi ASN yang dibutuhkan dan juga bisa untuk diisi oleh lulusan SMA/SMK yaitu; sebagai Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Pemula.

Berdasarkan dengan informasi yang ada dalam deskripsi tugas dan juga dalam jabatan CASN/PPPK BKKBN 2023, PLKB Pemula ini akan menerima gaji yakni minimal sekitar Rp2.505.600 per bulan. Sementara untuk itu, gaji yang maksimal yang bisa diterima bisa mencapai sekitar Rp6.737.854 per bulan.

4. Kementrian Pertanian

Kementrian Pertanian (Kementan) pada kali ini hanya akan membuka lowongan untuk PPPK untuk lulusan SMA/SMK sebagai seorang Paramedik Veteriner.

Kisaran untuk gaji yang akan didapatkan yakni dari 2.325.000 hingga Rp. 5.825.000.

5. Kejaksaan Agung

Pada kali ini kejaksaan Agung (Kejagung) juga akan membuka formasi untuk lulusan SMA pada pendaftaran CPNS 2024.

Formasi yang dibutuhkan di dalam instansi ini yaitu sebagai operator, penjaga tahanan dan juga sebagai Klerek-pengelola penanganan perkara, Adapun untuk gaji yang akan diterima yakni pada formasi tersebut yakni kisaran Rp 5,66-7,06 juta.

6. Kementerian Perhubungan

Instansi yang selanjutnya yaitu ada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang juga akan membuka lowongan PPPK 2024 untuk yang jenjang SMK. Kemenhub akan membuka PPPK 2024 untuk yang lulusan SMK untuk jabatan Pengawas, Keselamatan Pelayaran di dalam Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Kemenhub ini juga akan menerima 133 formasi di dalam lowongan jabatan tersebut yakni sebanyak 133 untuk sebuah SMK pelayaran nautika dan juga untuk SMK pelayaran teknika.

Syarat daftar CPNS 2024

Peserta yang sudah memenuhi syarat untuk mendaftar CPNS 2024 pada kali ini dipersilakan untuk mendaftar. Selain untuk lulusan SMA sampai lulusan S1 yang sudah memenuhi syarat CPNS 2024, peserta yang sudah berusia 40 tahun juga sangat diperkenankan untuk mendaftar.

Berikut ini merupakan syarat CPNS 2024 sesuai dengan Permenpan RB 27/2021:

  • Pelamar harus Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Pelamar tidak pernah dipidana penjara yakni selama 2 tahun atau bahkan lebih;
  • Pelamar tidak pernah diberhentikan dengan cara hormat tidak atas permintaan sendiri maupun dengan tidak hormat sebagai seorang PNS, TNI, Polri, maupun pegawai swasta;
  • Pelamar tidak memiliki berkedudukan sebagai seorang CPNS, PNS, TNI, atau Polri;
  • Pelamar tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;
  • Pelamar mempunyai kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan dari jabatan yang akan dilamar;
  • Pelamar harus sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan yang diberikan jabatan yang dilamar;
  • Setelah menjadi seorang CPNS, bersedia untuk ditempatkan di seluruh wilayah NKRI muapun di negara lain yang sudah ditentukan oleh instansi pemerintah;
  • Pelamar harus berusia 18-35 tahun pada saat melamar kecuali untuk dokter spesialis, dokter gigi spesialis, dokter pendidik klinis, dosen, peneliti, dan juga untuk perekayasa yang boleh melamar CPNS dengan batas usia paling tinggi 40 tahun.

Itulah tadi lowongan CPNS 2024 untuk lulusan SMA pemerintah yang membuka formasi pada CPNS Pada tahun ini.

Tags

Related Post

Leave a Comment