Selain Karir Stabil, Inilah Keuntungan Menjadi PNS Wajib Kamu Tahu

Keuntungan menjadi PNS – Berkarier menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah salah satu karir yang di idam idamkan berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Banyak sekali

nurnih

Keuntungan menjadi PNS – Berkarier menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah salah satu karir yang di idam idamkan berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Banyak sekali orang yang mengatakan, bahwa seorang PNS adalah sebuah profesi yang paling aman dan juga stabil jika dibanding pekerjaan lainnya.

Oleh Karena itulah, satu posisi ini dalam suatu instansi bisa saja diperebutkan oleh ribuan orang dalam seleksi CPNS yang biasanya diadakan di setiap tahunnya. Tetapi sebenarnya apa sih, keuntungan jika kamu menjadi PNS yang begitu diamba dambakan banyak orang?

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan beberapa keuntungan menjadi PNS supaya kamu bisa semakin yakin untuk bisa mempersiapkan diri kamu untuk mengikuti seleksi PNS ini. Yuk langsung simak pembahasan berikut ini!

Keuntungan Menjadi CPNS

1. Karir Stabil

Ini merupakan salah satu alasan kenapa banyak sekali orang mendamba dambakan menjadi seorang PNS yaitu karena adanya kejelasan dan juga mempunyai karir stabil yang akan didapatkan. Jika kamu bisa lulus menjadi seorang PNS kamu bisa menempati jabatan jabatan  tertentu di dalam pemerintahan yang jelas dan juga terjamin.

Keuntungan menjadi PNS yang biasanya banyak menjadi tujuan yaitu karena jika berhasil lolos seleksi CPNS, maka akan menjadi pekerja tetap pada semua lembaga dan juga instansi.

Kecuali jika melanggar aturan maupun ketentuan ketentuan kerja PNS, maka kamu akan aman dari pemutusan kerja dan juga PHK. Walaupun mungkin saja akan terjadi pemutusan kerja tetapi hal tersebut terjadi jika ada persoalan atau sebuah aturan yang memang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

2. Gaji Tetap

Keuntungan menjadi PNS yang selanjutnya yaitu akan mendapat penghasilan atau gaji pokok yang tetap. Jika pada pekerja swasta terdafat sebuah kemungkinan adanya perubahan penghasilan yang akan disebabkan karena performa perusahaan, ataupun karena kondisi industri.

Pada ASN gaji ini akan selalu tetap dan bahkan bisa mendapat kenaikan gaji jika pangkatnya meningkat. Besarnya gaji pokok yang diterima oleh ASN disesuaikan dengan jabatan dan untuk golongan yang akan diduduki.

‍3. Fasilitas Kendaraan dan Rumah Dinas

Keuntungan menjadi PNS selanjutnya ini juga cukup menarik minat yaitu mempunyai sebuah kesempatan untuk bisa mendapatkan sebuah fasilitas kendaraan dan juga rumah dinas. Fasilitas ini memang akan sangat memudahkan mobilitas dan juga kesejahteraan seseorang.

Namun, perlu untuk kamu garis bawahi juga bahwa tidak semua PNS mendapatkan fasilitas ini. Karena hanya sebagian PNS yang berprestasi dan mempunyai jabatan strategis saja lah yang berpeluang untuk bisa mendapatkan fasilitas kendaraan dan rumah dinas.

4. Mutasi PNS Tergolong Mudah

Jika dalam perjalanan karirnya seorang PNS ini menginginkan untuk mengabdi di dalam instansi yang lain atau berpindah ke lain lokasi, PNS tidak perlu untuk khawatir soal pemberhentian kerja.

Pasalnya, PNS bukan lah seorang karyawan swasta, sehingga PNS ini akan jauh lebih mudah berpindah dari satu instansi ke dalam instansi lainnya tanpa harus resign ataupun mengundurkan diri.

Hal yang sama juga akan berlaku jika seorang PNS mempunyai sebuah rencana untuk berpindah lokasi. Meskipun proses pindah instansi atau pun pemindahan lokasi penugasan ini memang cukup memakan waktu dan juga memerlukan banyak dokumen.

5. Status Sosial

Keunggulan jadi PNS yang selanjutnya dan sudah ada sejak dulu yaitu tentang Status Sosial. Jabatan PNS ini memang dianggap bergengsi karena persepsi dan juga budaya di Indonesia. Sukses menjadi seorang PNS akan bisa mendapat penghormatan dan juga meningkatkan status sosial.

Jika menjadi seorang pegawai di perusahaan kecil, sulit untuk mendapatkan pengakuan apalagi jika jabatannya yang belum dikenal serta keluarganya mungkin meremehkan pekerjaanmu.

Namun, jika kamu bekerja di dalam perusahaan multinasional terkenal, kamu akan dipuji dan juga bisa menjadi kebanggaan keluarga.

Baca Juga : Perbedaan PNS dan PPPK

6. Jaminan Kesehatan dan Asuransi

PNS juga akan mendapatkan sebuah jaminan kesehatan yang cukup lengkap dan mendapatkan asuransi yang melindungi mereka dan juga keluarga mereka. Mereka mempunyai sebuah akses ke fasilitas kesehatan pemerintah yang cukup baik, dan mempunyai biaya pengobatan yang bisa ditanggung oleh asuransi kesehatan pemerintah.

Cakupan dan juga manfaat jaminan kesehatan serta asuransi untuk pegawai swasta ini memang bisa saja bervariasi tergantung dengan perusahaan dan juga kebijakan yang sudah diterapkan.

Oleh karena itulah, sebelum kamu memilih karir di sektor swasta, penting sekali untuk mengetahui dan memahami manfaat kesehatan dan asuransi yang telah ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

7. Mendapatkan Tunjangan Pensiun

Hal ini bisa sebagai timbal balik untuk pengabdian PNS terhadap negara, negara juga akan menjamin kelangsungan hidup para PNS baik secara ekonomi saat PNS tersebut memasuki masa pensiun.

Meskipun seorang PNS sudah tidak aktif melayani masyarakat, pemerintah masih tetap memberikan gaji bulanan bagi para pensiunan PNS, sesuai dengan ketentuan di dalam undang-undang. Bahkan, istri pensiunan PNS laki-laki juga akan tetap akan mendapatkan dana pensiun dari suaminya setelah suaminya meninggal.

Itulah beberapa keuntungan menjadi PNS yang merupakan profesi paling populer di antara peserta seleksi CPNS. Karena menjadi pns ini aman dari PHK dan uang jaminan pensiun, profesi ini banyak sekali di damba dambakan orang-orang yang menginginkan stabilitas pendapatan dan juga karier.

Tags

Related Post

Leave a Comment