Tips dan trik lolos Ujian CPNS 2023 Sukses Ujian Tes SKD/TKD

Tips dan trik lolos Ujian CPNS 2023– Agar kamu bisa lulus tes rekrutmen CPNS pastinya kamu memerlukan strategi yang amat matang. Karena jika kamu salah

eiji

[addtoany]

Tips dan trik lolos Ujian CPNS 2023Agar kamu bisa lulus tes rekrutmen CPNS pastinya kamu memerlukan strategi yang amat matang. Karena jika kamu salah langkah dari sejak awal pastinya tidak akan sesuai dengan apa yang kamu harapkan, padahal penerimaan CPNS tidak tentu dibuka di setiap tahun, jadi jika kamu gagal dalam tes ini maka kamu akan rugi banyak, karena belum tentu pada tahun depan akan ada lagi pembukaan rekrutment cpns ini karena tebentur Moratorium.

Pembatasan pada tes CPNS ini masih tetap berlaku, karena itulah kamu sebagai peserta harus benar-benar mempersiapkan diri dengan sangat baik dari apa saja yang harus kamu pada saat akan mendaftar, sampai dengan tahap mengerjakan soal, hal ini tentunya akan jadi salah satu penentu apakah kalian bisa lulus tes CPNS dengan mudah maupun sulit.

Berikut ini  admin akan memberikan beberapa Tips dan trik lulus Ujian CPNS 2023 yang berdasarkan dengan pengalaman yang ada selama bertahun-tahun, agar para peserta baru tidak mengulangi kesalahan yang sama, selain dari itu pada saat kamu akan mengerjakan soal CPNS harus bisa membagi waktu yang baik. Simaklah beberapa tips dan trik yang bisa untuk kamu ikuti agar kamu bisa lulus CPNS :

Tips dan trik lolos Ujian CPNS 2023 (Saat Mengerjakan Soal)

Setelah kamu mengetahui tips menghadapi ujian CPNS, selanjutnya kamu bisa lakukan trik mengerjakan soal CPNS agar kamu bisa lolos pada saat hari ujian:

1. Mendahulukan soal Karakteristik Pribadi.

Di dalam tes SKD sendiri terdapat 3 macam soal yaitu ada Tes Intelejensi Umum, Tes Wawasan Kebangsaan, dan juga Tes Karakteristik Pribadi. Nah di dalam tes SKD ini kamu disarankan untuk mengerjakan soal Karakteristik Pribadi terlebih dahulu agar kamu bisa memanen skor.

Kerjakanlah saja semua jangan sampai ada yang kamu tinggalkan, jika memang bisa kamu harus jawab dalam sekali baca, jangan diulang-ulang supaya kamu nantinya tidak kehabisan waktu. Selain karena hal itu jika kamu mengerjakan soal karakteristik pribadi terlebih dahulu sangat cocok untuk pemanasan untuk bisa menjawab soal soal yang lain yang lebih sulit..

2. Urutan mengerjakan tes SKD dan waktu pengerjaan

Trik selanjutnya urutan mengerjakan tes yaitu TKP (15-20) menit, TWK (20-30) menit, TIU (40-45) menit.

3. Tetap Tenang Saat Ujian

Ini juga menjadi salah satu faktor yang menentukan lolos. Jika grogi pada saat menghadapi ujian merupakan satu hal yang biasa. Tetapi, jangan sampai kamu terlalu grogi karena hal ini yang akan membuat kamu sulit berpikir dan akan melupakan semua hal hal yang telah kamu pelajari sebelumnya.

Kamu harus bisa menangkan diri saat kamu akan menghadapi ujian. Salah satu cara yaitu, dengan berdoa supaya kamu bisa meredakan diri.

4. Baca Pertanyaan dengan Teliti

Sebelum kamu menjawab soal soalnya, pastikan terlebih dahulu kamu membaca pertanyaannya dengan jeli dan teliti. Jangan sampai kamu terburu-buru dan akan membuat jawabanmu salah, pastikan dulu Kamu memahami pertanyaan pertanyaannya dengan baik sebelum kamu menjawabnya.

5. Jawab Semua Soal

Walaupun kamu tidak tahu jawaban dari soal yang telah kamu baca, sebaiknya kamu tetap menjawabnya semua soal tanpa terkecuali, entah itu kamu mengetahui jawabannya maupun tidak mengetahui.

Alasannya yaitu tidak akan ada nilai yang minus meskipun kamu sudah salah dalam menjawab soal soalnya, sementara jika  kamu membiarkan satu soal kosong tidak dijawab maka kamu akan mendapat nilai minus. Jadi, usahakanlah kamu mengisi semuanya meskipun kamu tidak tahu jawabannya.

6. Menghapal nama kabinet tiap presiden

Selain dari mengerjakan tes karakteristik pribadi, ada tes yang lainnya yaitu tes wawasan kebangsaan. Untuk tes wawasan kebangsaan ini kamu lebih baik untuk mempersiapkan diri dengan menghapal nama-nama kabinet setiap presiden, karena nantinya soal soal kebanyakan yang mengenai Indonesia pada saat tahun 90an ke bawah.

7. Lewati dulu soal yang sulit

Tips dan trik lolos ujian cpns 2023 yang selanjutnya yaitu memilih mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu kemudian soal yang susah. Bila kamu menemukan soal yang dirasa sulit maka kamu harus melewati soal sulit tersebut. Soal yang sulit tersebut kamu tandai untuk nantinya dikerjakan kembali terakhir.

Para peserta bisa menandai soal yang sulit tersebut dengan cara menuliskannya di kertas yang telah disediakan oleh panitia CPNS. Panitia akan memberikan beberapa lembar kertas tersebut karena biasanya peserta memerlukannya pada saat akan mengerjakan soal hitungan pada TIU.

8. Memaksimalkan waktu

Soal Tes Kompetensi Dasar ini terdiri dari 100 soal dengan waktu pengerjaannya 90 menit. Itu berarti kamu hanya punya waktu yang tidak sampai 1 menit untuk bisa menyelesaikan 1 soalnya. Sebaiknya untuk yang bagian soal seperti Antonim atau soal Sinonim kamu langsung jawab saja setelah kamu membaca soalnya, hal ini dilakukan untuk bisa menghemat waktu.

Sementara untuk yang soal hitung hitungan, kamu harus belajarlah trik cepat mengenai persentasi, aljabar, persamaan, maupun untuk hitung cepat. Tapi yang paling penting, janganlah kamu keluar dari dalam ruangan ujian sebelum waktu ujiannya berakhir. Maksimalkanlah seluruh waktu yang telah tersedia untuk memeriksa jawaban jawaban kamu.

Siapa tahu saja, ada jawaban yang salah dan bisa untuk diperbaiki. Tidak perlu kamu ikut-ikutan teman yang sudah pada keluar. Toh, nantinya hasil ujian juga akan langsung keluar begitu kamu meng-klik tombol “selesai ujian’.

9. Kerjakan ujian dengan jujur

Yang selanjutnya kamu jangan berharap bisa mengerjakan ujian dengan kamu mengandalkan bahan contekan apalagi dari hasil joki. Lupakanlah saja dan buang pikiran kotor kamu tersebut jauh-jauh. Jangankan kamu untuk berbuat curang, untuk izin ke WC saja kamu nanti akan berpikir dua kali.

Ruangan ujiannya biasanya telah dilengkapi dengan kamera CCTV sehingga para pengawas ujiannya bisa mengawasi ujian meskipun tidak di dalam tempat ujian. Dan ditambah lagi, soal soal ujian yang banyak dan juga rumit yang nantinya akan membuat kamu berkutat penuh di depan komputer sampai selesai.

8. Review Jawabanmu Sebelum Akhiri

Jika kamu selesai menjawab semua soal dan masih ada waktu yang tersisa, sebaiknya gunakan waktu tersebut untuk mereview jawabanmu kembali dengan teliti. Periksalah kembali setiap jawaban kamu dan pastikan kamu tidak ada kesalahan pengetikan  jawaban.

Jika masih ada waktu jangan dulu kamu keluar, Kamu bisa langsung memperbaiki jawaban kamu yang diras kurang tepat.

Nah itulah tadi Tips dan trik lolos Ujian CPNS 2023 Pada Tes SKD/TKD, menjalani tes CPNS ini bukanlah suatu perkara mudah, tetapi dengan kamu melakukan persiapan yang matang, kemauan keras, dan juga adanya pengabdian, kamu juga akan mempunyai peluang yang baik untuk bisa lulus dan bisa meraih posisi yang kamu idam idamkan. Kamu harus ingat bahwa tidak hanya hasil akhir saja yang penting, tetapi perjalanan dan juga pengalaman belajar  yang kamu dapatkan penting. Sukses selalu perjalanan kamu untuk menuju lolos CPNS dan untuk bisa memperoleh karier yang kamu impu impikan!

Tags

Related Post

Leave a Comment